Home » , » Cara Hitung Masa Subur dengan Mudah

Cara Hitung Masa Subur dengan Mudah

adverticement
ingin tahu bagaimana tips cara hitung masa subur? cara menentukan masa subur cukup mudah dan tidak terlalu susah seperti yang dibayangkan.

ada beberapa tips cara menghitung masa subur. mulai dari cara yang agak susah untuk menghitung masa subur wanita. seperti mengetahui dengan benar lendir yang keluar dari vagina, apakah berbeda dengan hari-hari yang lain? sampai cara mudah hitung masa subur. seperti menentukan menggunakan kalender.

disini akan dijelaskan dengan singkat bagaimana cara hitung masa subur wanita menggunakan kalender, agar dapat dipahami dengan mudah.

Cara menghitung masa subur dengan kalender ada 2 cara :

1. jika siklus haid wanita teratur. 

cara hitung masa subur pada wanita yang mempunyai siklus haid teratur lebih mudah. masa subur berlangsung 14 sebelum hari pertama haid berikutnya, 1 hari sebelum dan sesudah tanggal tersebut. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang. semoga bisa dipahami.

Cara Hitung Masa Subur

2. jika siklus wanita tidak teratur.
cara menghitung masa subur wanita jika siklus haid tidak teratur adalah dengan menghitung siklus haid selama 6 bulan. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.


Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
  1. Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
  2. Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :
siklus haid wanita : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya).

cara hitung masa suburnya : 
26-18 = 8 dan 32–11 = 21.

Jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.


tambahan :
cara hitung masa subur dengan kalkulator disini

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.